• MIN 5 KOTA PALANGKA RAYA
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

MENDUKUNG PERAN GURU DALAM MENYONGSONG ERA TRANSFORMASI DIGITAL 4.0

Tulisan Dra. Hj. Siti Nafsiah, M.Si, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional Ke - 78, Tanggal 25 November 2023. 

(Palangka Raya) Tidak ada yang bisa membantah peran guru dalam mencetak generasi masa depan. Mereka adalah pahlawan yang tak pernah berpedang, tapi pedang-pedang ilmu dan pengetahuan yang mereka berikan telah membentuk dunia kita. Setiap tahun, pada tanggal 25 November, diperingati sebagai Hari Guru Nasional, sebuah momen untuk menghargai dan menghormati jasa para pendidik yang telah dan terus membimbing kita dalam perjalanan belajar.

Hari Guru Nasional bukan sekadar sebuah perayaan formal, tetapi juga sebuah kesempatan untuk merenungkan peran luar biasa yang dimainkan oleh para guru dalam pembangunan masyarakat dan negara kita. Mereka adalah para arsitek intelektual yang membangun dasar bagi setiap individu yang berjuang meraih mimpi dan cita-cita mereka.

Namun, mengapa kita memerlukan sebuah hari khusus untuk merayakan guru? Ini bukan hanya tentang memberikan penghargaan, tetapi juga tentang mengingatkan kita semua akan pentingnya pendidikan dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Guru merupakan pilar utama dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan berbudaya.

Pada Hari Guru Nasional, mari kita tinggalkan sejenak rutinitas kita yang padat dan pertimbangkan beberapa hal. Pertama, apakah kita sudah cukup menghargai guru-guru kita? Kita harus mengakui bahwa pekerjaan mereka seringkali tidak diimbangi dengan penghargaan serta pengakuan yang layak.

Kedua, bagaimana kita dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan? Mungkin ada banyak cara, mulai dari mendukung program-program pendidikan, menjadi sukarelawan di sekolah-sekolah, atau bahkan hanya dengan memberikan apresiasi kepada guru-guru kita.

Ketiga, mari kita renungkan peran guru dalam membentuk karakter kita. Mereka bukan hanya mengajarkan mata pelajaran, tetapi juga nilai-nilai kehidupan. Guru adalah panutan moral yang mengilhami kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggung jawab.

Saat merayakan Hari Guru, kita juga tidak boleh melupakan tantangan yang dihadapi oleh pendidikan di era modern ini. Guru harus beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang, menghadapi perubahan dalam kurikulum, dan mengatasi berbagai hambatan dalam mengajar. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menjaga kualitas pendidikan.

Era transformasi digital 4.0 telah mengubah cara kita belajar, bekerja, dan berkomunikasi. Teknologi informasi dan internet telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, dan guru adalah garda terdepan dalam menghadapi transformasi ini. Tantangan disrupsi datang dalam berbagai bentuk, seperti perkembangan teknologi, perubahan gaya belajar siswa, dan tantangan global seperti saat terjadinya pandemi Covid-19 yang lalu.

Salah satu kunci dalam mendukung guru di era transformasi digital 4.0 adalah dengan memanfaatkan potensi teknologi. Teknologi tidak hanya menjadi alat bantu dalam pembelajaran, tetapi juga dapat merangsang rasa ingin tahu dan kreativitas siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat mencakup pembuatan konten digital yang interaktif, penggunaan platform pembelajaran online, dan eksplorasi sumber daya daring yang luas. Selain itu, guru perlu diberdayakan untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam kurikulum mereka, sehingga siswa dapat memperoleh manfaat maksimal dari perkembangan digital.

Tantangan dalam era transformasi digital 4.0 membutuhkan pendekatan pendidikan yang lebih fokus pada pengembangan keterampilan daripada sekadar transfer pengetahuan. Guru perlu berperan sebagai pemandu siswa dalam mengembangkan keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan literasi digital. Ini akan memungkinkan siswa untuk menjadi lebih siap menghadapi dunia yang berubah cepat dan semakin beragam.

Tantangan dalam era transformasi digital 4.0 juga mencakup pada aspek kesejahteraan guru. Para guru menghadapi tekanan yang semakin besar, termasuk peningkatan beban kerja, tuntutan untuk memahami teknologi baru, dan tantangan psikososial yang datang dengan pengajaran dalam lingkungan yang tidak pasti.

Dalam menghadapi tantangan era transformasi digital 4.0, pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab guru dan sekolah. Orang tua dan masyarakat juga perlu terlibat aktif dalam mendukung pendidikan. Kemitraan yang kuat antara guru, orang tua, dan masyarakat dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran, komunikasi terbuka, dan pemahaman bersama tentang peran guru di era digital.

Guru adalah agen perubahan yang memiliki kemampuan untuk mengilhami generasi masa depan. Dalam menghadapi tantangan era transformasi digital 4.0, guru perlu menjadi panutan bagi siswa. Mereka harus menanamkan nilai-nilai seperti ketahanan, adaptabilitas (perubahan pola pikir), dan semangat inovasi. Guru juga harus memotivasi siswa untuk menjelajahi peluang baru yang ditawarkan oleh era digital, termasuk peluang dalam bidang teknologi, kreativitas, dan kewirausahaan.

Hari Guru adalah saat yang tepat untuk merenungkan peran guru dalam menghadapi tantangan menyongsong era transformasi digital 4.0. Guru memiliki peran yang krusial dalam membentuk masa depan bangsa dan daerah ini. Untuk mendukung guru dengan baik, kita perlu memastikan bahwa mereka memiliki akses ke sumber daya, pelatihan peningkatan kompetensi dan produktivitas, serta dukungan kesejahteraan yang layak dan proporsional. Selain itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan siswa.

Bahwa pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas. Belajar sepanjang hidup harus menjadi prinsip yang diterapkan oleh semua kalangan. Dalam era informasi ini, kita memiliki akses tak terbatas ke pengetahuan, dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus belajar.

Menghadapi perubahan peradaban dunia adalah tugas yang rumit, tetapi dengan kerja sama yang kuat antara pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat, kita dapat membantu guru untuk mempersiapkan generasi muda demi masa depan yang penuh harapan. Sehingga, dalam menyongsong era transformasi digital 4.0 yang cepat dan kompleks, guru akan selalu menjadi pilar yang kokoh dalam pendidikan khususnya di Kalimantan Tengah.

Selamat Hari Guru Nasional!

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Puskesmas Tangkiling Sosialisasi Kesehatan Gigi dan Mulut di MIN 5 Palangka Raya

Palangka Raya (Humas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya kedatangan petugas dari Puskesmas Tangkiling, Senin, (20/5/2024). Maksud kedatangan mereka ke madrasah ter

20/05/2024 10:10 - Oleh Admin - Dilihat 98 kali
MIN 5 Kota Palangka Raya Gelar Rapat Bersama Orang Tua Peserta Didik Baru

Palangka Raya ( Humas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya melaksanakan rapat bersama orang tua peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2024/2025, Rabu, (15/5/2024)

18/05/2024 12:37 - Oleh Admin - Dilihat 106 kali
MIN 5 Kota Palangka Raya Laksanakan Asesmen Praktik Fikih

Palangka Raya (Humas)-Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka memulai asesmen praktik siswa kelas 6 mata pelajaran fikih, Rabu, (17/4/2024). Asesmen ini merupakan bagian pentin

18/04/2024 20:20 - Oleh Admin - Dilihat 296 kali
PGMNI Kota Palangka Raya Gelar Buka Puasa Bersama dan Berikan Santunan

Palangka Raya (Humas) - Punggawa Madrasah Nasional Indonesia (PGMNI) Kota Palangka Raya menggelar buka puasa bersama dan silaturahmi pengurus, PW PGMNI Kalteng dan siswa madrasah, Rabu,

06/04/2024 22:20 - Oleh Admin - Dilihat 365 kali
MIN 5 Kota Palangka Raya Buka Puasa Bersama dan Bagikan Zakat

Palangka Raya (Humas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya menggelar acara buka puasa bersama di madrasah, Jumat, (5/4/2024). Acara ini dihadiri oleh peserta didik ke

06/04/2024 21:54 - Oleh Admin - Dilihat 231 kali
Kepala MIN 5 Kota Palangka Raya Sampaikan Materi Zakat di Hari Kedua Pesantren Ramadhan

Palangka Raya (Humas) - Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya, Muhamad Asran Dirun, menjadi pusat perhatian pada hari kedua kegiatan pesantren Ramadhan di MIN 5 K

04/04/2024 07:27 - Oleh Admin - Dilihat 277 kali
Siswa MIN 5 Kota Palangka Raya Bayar Zakat Fitrah Sendiri

Palangka Raya (Humas)-Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya menerima dan menyalurkan zakat fitrah, zakat mal, infak dan sedekah dari siswa, orang tua dan masyarakat seki

01/04/2024 08:16 - Oleh Admin - Dilihat 336 kali
MIN 5 Kota Palangka Raya Siap Melaksanakan Ramadhan Pride 2024

Palangka Raya (Humas) Gema menyambut datangnya Bulan Ramadhan bergemuruh di seluruh penjuru dunia. Bulan mulia, bulan beramal, bulan ampunan dan bulan rahmat disambut dengan hati gembir

27/03/2024 13:09 - Oleh Admin - Dilihat 234 kali
Pemantapan Asesmen Berbasis e-Learning Berjalan Lancar

Palangka Raya (Humas) Pelaksanaan Hari Pertama Pemantapan Asesmen bagi siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya Berjalan Lancar. Saat pelaksanaan hari perta

05/03/2024 21:58 - Oleh Admin - Dilihat 148 kali
MIN 5 Kota Palangka Raya Melaksanakan Pemantapan Asesmen

Palangka Raya (Humas) Suasana khidmat dan semangat saat pelaksanaan upacara bendera Senin, (4/3/2024) nampak dari wajah siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kota Palangka Raya. 

05/03/2024 21:18 - Oleh Admin - Dilihat 164 kali